E-commerce dapat disebut dengan perdagangan Elektronik atau perdagangan online dimana proses penyebaran barang atau jasa yang ditawarkan dan proses jual belinya dilakukan melalui internet. Bahkan pembayarannya pun dapat melalui sebuah internet sehingga kita dapat lebih mudah dalam proses pembayaran. Dunia e-commerce ini tidak akan terpisahkan dengan bidang e-bisnis dan e-marketing atau pemasaran. Dimana e-bisnis ini diperlukan untuk menentukan bidang usaha atau pelayanan jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Sedangkan e-marketing adalah teknik atau cara untuk memasarkan bidang usaha atau pelayanan jasa yang akan ditawarkan. Teknologi e-commerce memerlukan teknologi basis data (database), email atau electronic mail dan teknologi non komputer seperti halnya intuk sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk sebagai layanan untuk e-commerce ini. Hal-hal yang perlu diperhatikan jika kita akan membangun sebuah e-commmerce atau yang terkenal dengan sebutan perdagangan elektronik adalah pelayanan yang memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi.
Selain itu juga kita harus memperhatikan konsep yang di tawarkan sehingga dapat menarik pelanggan untuk bergabung. Dalam dunia e-commerce tidak semuanya bisa bertahan karena berbagai masalah yang timbul. Namun jika kita memiliki teknik manajemen yang baik, pengiriman barangnya tepat waktu dan pelayanannya sangat memuaskan untuk pelanggan serta keamanan pelanggan dalam melakukan transaksi maka bisnis e-commerce ini akan selalu bertahan. Kita harus bisa menarik perhatian para pelanggan dengan memberikan design yang menarik untuk di kunjungi, serta memberikan kenyamana bagi para pelanggannya seperti menyediakan bonus atau kupon. Kita juga harus bisa memasarkan website kita dengan cara mengiklankan situs web kita kepada website atau blog yang lain sehingga website kita banyak yang mengenal dan banyak di kunjungi oleh para pelangga sehingga menimbulkan benefit.
Dalam dunia e-commerce kita dapat menawarkan jenis barang atau bidang jasa apapun. Contohnya berjualan pakaian, sepatu, sandal, bahan bangunan, atau pelayanan jasa seperti perbaikan komputer, laptop, printer dan lain-lain. Asalkan kita punya pelayanan yang bisa menawarkan kepada konsumen maka kita sudah bisa menjalankan e-commerce. Dan tidak lupa juga kita harus mempelajari sistim manajemen yang baik agar semuanya bisa singkron dan marketing atau pemasarannyapun harus baik sehingga barang atau jasa yang kita tawarkan dapat dilihat, dikenal, dikunjungi dan di beli oleh para pengunjung yang melihat website kita. Biasanya para pelanggan mencari website yang sangat menarik untuk dikunjungi, memudahkan akses dalam pembayaran dan terpercaya. Sehingga kita harus memiliki semua kriteria tersebut. Banyak hal-hal yang dapat menguntungkan dalam dunia e-commerce ini. Bidang usaha yang kita buata akan lebih terkenal lagi, mempunyai pelanggan baru yang dapat bekerja sama dengan kita, sangat mudah melakukan dalam transaksi.
Author : ReYsisTa MuTiA (113040344)
Penulis adalah Mahasiswi Jurusan Teknik Informatika Unpas